29 Februari 2016

Wisata Hemat Pulau Tidung

Pada kesempatan ini saya, Ridwan Nurhadi akan berbagi pengalaman tips wisata murah di Pulau Tidung ala backpacker. Karena menggunakan prinsip backpacker maka kita harus menggunakan transportasi yang hemat, penginapan yang murah dan biaya makan yang irit. Meski begitu jika kita merencanakan dengan cermat maka kita tetap dapat menikmati liburan dengan aman dan nyaman. Berpergian ala backpacker bukan berarti perjalanan kita tak menyenangkan karena jika kita telah mempersiapkan dengan cermat maka insya Allah perjalanan kita akan memiliki kesan luar biasa meski dengan biaya murah.


Dalam artikel perjalanan yang saya buat, saya berusaha menyajikan data valid dan up to date. Meskipun perjalanan itu telah saya lakukan beberapa tahun yang lalu namun harga tiket kereta, bus atau pesawat terbang saya sajikan secara aktual. Sehingga memudahkan para backpacker mengkalkulasi kiasaran biaya transportasi yang dibutuhkan. Untuk menghemat biaya misalnya dalam memilih alat transportasi maka saya lebih tertarik menggunakan Kereta Api. Layanan onlinenya yang terpadu memudahkan kita untuk memilih variasi kelas dan tariff biaya yang ditawarkan. Dan biasanya saya memilih tiket dengan harga termurah.

Untuk info tariff terbaru kereta api klik disini>>

Sedangkan untuk menghemat biaya penginapan, biasanya saya akan melakukan perjalanan pada malam hari sehingga tiba di tempat wisata pada pagi harinya. Saya juga memilih penginapan yang berada di dekat lokasi wisata sehingga tidak banyak mengeluarkan biaya lagi. Yang paling penting adalah mensurvey terlebih dahulu tariff penginapan yang paling termurah di lokasi tersebut.

Untuk info harga penginapan klik disini>>


Kenapa saya memilih Pulau Tidung
Pulau tidung bisa menjadi tempat wisata alternative yang dekat dengan Tangerang dan berada di provinsi kepulauan Seribu Jakarta. Tentu saja Pulau tidung tak kalah indahnya dengan Bali dari segi Pantai. Dengan biaya terjangkau kita bisa menikmati keindahan pantai pulau tidung dan berkeliling pulau dengan sepeda. Kita bisa pesta ikan bakar dimalam harinya atau sekedar menikmati debur ombak dikegelapan malam. 


Adapun biaya ke Pulau tidung dengan rincian per orang sebagai berikut;
  • -      Tarif Bus Karawaci -Grogol Rp. 10 ribu
  • -      Tarif angkot grogol - Muara angke Rp. 12 ribu
  • -      Tarif kapal penyeberangan Rp. 50 ribu
-     Dengan biaya Rp. 72 ribu anda sudah dapat menginjakkan kaki di Pulau Tidung.

Untuk ke Pulau Tidung sebagai orang Tangerang saya tak merekomendasikan melalui tanjung kait, meski di peta jaraknya lebih dekat namun di tanjung kait kita harus menyewa perahu nelayan yang harganya lebih mahal, belum lagi perjalanannya lebih mengerikan sebab kita harus membelah lautan dengan perahu kecil. Jadi amannya ke pantai marunda saja, disana sudah tersedia kapal penyeberangan meskipun jarak tempuhnya bisa sampai 3 jam tergantung kondisi ombak.

Sesampainya di Pulau Tidung anda bisa mencari penginapan murah terlebih dahulu. Dengan begitu anda bisa menyimpan barang bawaan anda.  Banyak hotel murah yang terdapat di Pulau Tidung, dari Wisma, Villa sampai rumah penduduk yang menyewakan kamarnya. Jika anda berdua saja melakukan perjalanan, ada baiknya memilih penginapan yang menyewakan perkamar bukan perumah jadi biaya sewanya lebih murah.

Di Pulau Tidung anda dapat berenang dipantainya yang indah atau snorkeling ditengah lautan. Di Pulau Tidung terdapat juga berbagai permainan wahana air.  Untuk keliling pulau cukup dengan berkendara sepeda. Adapun tempat wisata yang berada di Pulau tidung  adalah sebagai berikut;






Selain tempat wisata diatas, anda juga dapat mengunjungi berbagai tempat lainnya di Kepulauan seribu  seperti; Pulau Untung Jawa, Pulau Bidadari, Pulau Pramuka dan lain sebagainya. Banyak informasi mengenai destinasi wisata di Kepulauan seribu yang bisa anda tanya pada Mbah Google atau Paman Yahoo!. Atau bisa menggunakan aplikasi Gmaps/GPS dalam berburu lokasi wisata lainnya. Ayo siapkan backpack anda dan selamat menikmati liburan anda!.



Booking Tiket dan Hotel

Pesan Tiket Kereta